Iklan oleh google

Pengenalan Metode Elemen Hingga dalam Elektromagnetika

>>

Metode elemen hingga adalah metode numerik yang digunakan untuk mengatasi masalah nilai batas yang dikarakteristikkan dengan persamaan diferensial parsial dan kondisi batas. Domain geometrik dari masalah nilai batas didiskritisasi menggunakan elemen subdomain, disebut elemen hingga, dan persamaan diferensial tersebut diterapkan terhadap elemen tunggal setelah diubah ke dalam bentuk integral-diferensial “weak”. Satu set bentuk fungsi digunakan untuk mewakili variabel utama yang tidak diketahui dalam domain elemen. Satu set persamaan linier diperoleh untuk setiap elemen dalam domain diskrit.

Sebuah sistem matriks global dibentuk setelah menyusun seluruh elemen. Dalam buku “Introduction to the Finite Element Method in Electromagnetics” yang ditulis oleh Anastasis C. Polycarpou dibahas mengenai metode elemen hingga dalam bidang elektromagnetika. Buku ini dibagi menjadi dua bagian yaitu :
Chapter 1 menjelaskan masalah nilai batas satu dimensi yang diaplikasikan pada masalah elektrostatis menggunakan persamaan Poisson. Keakuratan metode elemen hingga pada elemen linier dan elemen orde tinggi dievaluasi dengan error komputasi numerik berdasarkan dua definisi yang berbeda.
Chapter 2 menjelaskan masalah nilai batas dua dimensi dalam daerah elektrostatis dan elektrodinamis (masalah waktu harmonik). Untuk kategori kedua, sebuah kondisi batas yang sangat menarik dikenakan pada batas bagian luar untuk mensimulasi perambatan gelombang yang takterganggu menuju tak terhingga. Error komputasi numerik ditampilkan untuk mengevaluasi akurasi dan keefektifan dari metode dalam menyelesaikan masalah elektromagnetika. Kedua chapter dilengkapi dengan sejumlah kode-kode Matlab yang digunakan oleh pembaca untuk menyelesaikan masalah nilai batas satu dan dua dimensi. Kode-kode ini dapat didownload dari alamat URL:            www.morganclaypool.com/page/polycarpou
Buku ini ditulis pada dasarnya untuk insinyur yang tidak ahli atau mahasiswa yang belum dan sudah tamat yang ingin belajar dasar metode elemen hingga dengan aplikasi dalam bidang elektromagnetika. Juga ditargetkan untuk insinyur peneliti yang memiliki pengetahuan dari teknik numerik lainnya dan ingin lebih mengenal metode elemen hingga. Buku ini dimulai dengan dasar dari metode, termasuk formula masalah nilai batas menggunakan metode Weighted Residual dan pendekatan Galerkin, dan berlanjut pada seluruh tiga tipe kondisi batas yang meliputi kondisi batas yang menarik. Topik penting yang lain adalah pengembangan fungsi bentuk meliputi orde yang lebih tinggi. Dalam kata-kata yang sederhana, pelajaran menyediakan pembaca dengan seluruh informasi yang dibutuhkan bagi seseorang untuk mengaplikasikan metode elemen hingga tentang masalah satu dan dua dimensi dalam elektromagnetika dengan baik.
Untuk mendownload buku “Introduction to the Finite Element Method in Electromagnetics” dapat di klik di sini.