Iklan oleh google

Penyelesaian Metode Elemen Hingga Menggunakan Software ANSYS

>>

ANSYS adalah program paket yang dapat memodelkan elemen hingga untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan mekanika, termasuk di dalamnya masalah statik, dinamik, analisis struktural (baik linier maupun nonlinier), masalah perpindahan panas, masalah fluida dan juga masalah yang berhubungan dengan akustik dan elektromagnetik. Secara umum penyelesaian elemen hingga menggunakan ANSYS dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu :
(1) Preprocessing: pendefinisian masalah

Langkah umum dalam preprocessing terdiri dari (i) mendefinisikan keypoint/lines/areas/volume, (ii) mendefinisikan tipe elemen dan bahan yang digunakan/sifat geometrik, dan (iii) mesh lines/areas/volumes sebagaimana dibutuhkan. Jumlah detil yang dibutuhkan akan tergantung pada dimensi daerah yang dianalisis, ie.,1D, 2D, axisymetric dan 3D. 
(2) Solution: assigning loads, constraints, and solving
Di sini, perlu menentukan beban (titik atau tekanan), constraints (translasi dan rotasi) dan kemudian menyelesaikan hasil persamaan yang telah diset.
(3) Postprocessing: further processing and viewing of the results
Dalam bagian ini pengguna mungkin dapat melihat (i) daftar pergeseran nodal, (ii) gaya elemen dan momentum, (iii) plot deflection dan (iv) diagram kontur tegangan (stress) atau pemetaan suhu.
Professors Nakasone dan Yoshimoto dari Universitas Science Tokyo, Japan dan Professor Stolarski dari Universitas Brunel, United Kingdom menulis buku tentang analisis rekayasa menggunakan software ANSYS. Buku ini diberi judul “Engineering Analysis withANSYS Software”. Kolaborasi dari beberapa ilmuan selama 10 tahun menghasilkan karya yang sangat bagus dan dapat digunakan oleh para peneliti maupun mahasiswa. Melalui buku ini ketika kita menyatakan “ANSYS” akan tertuju pada kemampuan analisis elemen hingga struktural dari berbagai produk yang tersedia dari ANSYS Inc.


ANSYS yang awalnya berasal dari nama produk komersial ANSYS Mechanical atau ANSYS Multiphysic, keduanya peralatan software analisis elemen hingga dengan bantuan komputer yang dikembangkan oleh ANSYS Inc. Perusahaan tersebut sebenarnya mengembangkan produk software untuk teknik dengan bantuan komputer, akan tetapi lebih dikenal dengan produk komersial ANSYS Mechanical & ANSYS Multiphysic. Untuk pengguna tingkat akademik ANSYS Inc menyediakan versi nonkomersial ANSYS Multiphysic seperti ANSYS University Advanced dan ANSYS University Research. ANSYS Mechanical, ANSYS Multiphysic and variasi nonkomersialnya secara umum yang digunakan dalam akademik adalah alat analisis yang berisi pre-processing (pembuatan bentuk geometrik, meshing), solver dan modul post-processing dalam satu kesatuan Graphic User Interface. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ANSYS silahkan kunjungi website : www.ansys.com.
Dalam aplikasinya ANSYS dapat dibagi menjadi dua menurut dimensinya, yaitu :
a. ANSYS Classic
ANSYS ini menyelesaikan problema dalam 2 dimensi seperti : sistem solid dalam bidang 2 dimensi dan perpindahan panas dalam 2 dimensi. Untuk memperoleh software ANSYS Classic dapat dilihat pada link berikut :
b. ANSYS Workbench
ANSYS ini menyelesaikan problema dalam 3 dimensi seperti : sistem solid dalam 3 dimensi dan masalah aliran fluida pada pipa dalam 3 dimensi. Untuk memperoleh software ANSYS Workbench v10 dapat didownload pada link :