Iklan oleh google

Metode Elemen Hingga

>>
Pendahuluan
Metode elemen hingga adalah suatu alat numerik yang digunakan dalam menyelesaikan masalah teknik seperti persamaan diferensial dan integral dengan metode pendekatan. Metoda itu mula-mula dikembangkan untuk mempelajari tentang struktur dan tekanan (Clough 1960) dan kemudian berkembang pada masalah mekanika kontinu (Zienkiewicz dan Cheung 1965).
Dalam sejarah ada banyak artikel tentang metode elemen hingga yang ditulis oleh banyak penulis dengan berbagai pendapat yang bertentangan diantaranya Gupta dan Meek 1996, Oden 1996, dan Zienkiewicz 1996. Metode elemen hingga menerima perhatian yang luas dalam dunia pendidikan teknik dan industri oleh karena keanekaragaman dan fleksibilitasnya sebagai suatu alat untuk menganalisis suatu permasalahan. Tak jarang diperlukan solusi pendekatan numerik dalam menyelesaikan permasalahan kompleks di industri, di mana solusi eksak sangat sulit diperoleh. Sebagai contoh yang kompleks dapat ditemukan pada masalah pendinginan peralatan elektronik (chip). Juga pada penguraian polutan-polutan selama kondisi atmosfer yang tidak merata, suhu pada dinding logam pada kasus turbin gas yang mana suhu gas masuk melampaui titik leleh bahan logam penyusun turbin, masalah pendinginan pada motor listrik, masalah perpindahan fasa yang berbeda, dan lain-lain merupakan contoh kompleks dari masalah eksak.
Walaupun mungkin masalah tersebut berasal dari persamaan umum dan kondisi batas dari prinsip dasar, tetap saja sulit untuk memperoleh bentuk solusi analitik terhadap masalah tersebut. Kerumitan tersebut disebabkan oleh kenyataan bahwa baik geometri maupun kondisi batas dinyatakan secara tidak beraturan.
Solusi analitik jarang ada, namun jika ada penyelesaiannya membutuhkan waktu yang lama. Di antara berbagai metode numerik yang berkembang beberapa tahun ini adalah, metode beda hingga, volume hingga dan metode elemen hingga.
Berikut dapat didownload e-book mengenai metode elemen hingga “Applied Finite Element Analysis” pada link di bawah ini :