Iklan oleh google

Prosedur Metode Elemen Hingga

>>
Prosedur Umum Metode Elemen Hingga :
Penyelesaian masalah kontinu menggunakan metode elemen hingga dapat dilakukan dengan pendekatan sebagai berikut :
1. Diskritisasi Kontinu
Membagi daerah penyelesaian menjadi elemen-elemen yang tidak tumpang tindih atau sub- region. Diskritisasi elemen hingga dapat menggunakan variasi bentuk elemen seperti elemen segitiga dan elemen segiempat. Setiap elemen dibentuk dengan menghubungkan sejumlah node tertentu.
2. Pilih Fungsi Interpolasi atau Fungsi Bentuk
Memilih tipe fungsi interpolasi yang mewakili variasi variabel medan yang meliputi elemen. Sejumlah node membentuk elemen, alami dan sejumlah node yang tidak diketahui menentukan variasi variabel medan dalam elemen.

3. Membentuk Persamaan Elemen
Menentukan persamaan matriks yang menyatakan sifat dari elemen secara individu dengan membentuk matriks elemen sisi tangan kiri dan vektor beban.
4. Menyusun Persamaan Elemen untuk Memperoleh Sistem Persamaan Simultan
Untuk menentukan sifat seluruh sistem, kita harus menyusun semua persamaan elemen secara sendiri, dengan menggabungkan persamaan matriks tiap-tiap elemen dengan cara yang tepat maka matriks hasil menunjukkan perilaku daerah solusi dari masalah.
5. Menyelesaikan Sistem Persamaan
Hasil persamaan aljabar dapat diselesaikan untuk memperoleh nilai node dari variabel daerah penyelesaian. Contohnya nilai node suhu.
6. Menghitung nilai-nilai sekunder
Dari nilai node pada variabel daerah penyelesaian, kita dapat menghitung nilai-nilai sekunder, sebagai contoh fluks panas.

Untuk lebih memahami bagaimana prosedur metode elemen hingga secara mendalam, maka akan saya bagikan buku yang berjudul “Fundamentals of the Finite Element Method for Heat andFluid Flow.