Iklan oleh google

E-book “The Numerical Solution of Ordinary and Partial Differential Equations”

>>

Salam hangat. Pada kesempatan ini saya akan berbagi e-book mengenai penyelesaian persamaan diferensial dengan metode numerik. Buku ini berisi pengenalan dari penggunaan metode beda hingga dan metode elemen hingga untuk penyelesaian komputer dari persamaan diferensial biasa dan parsial. Buku ini sangat tepat bagi pelajar tingkat menengah dan mahasiswa perguruan tinggi.

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang berkenaan dengan buku ini harus mempunyai dasar mata kuliah kalkulus multivariasi, aljabar linier, dan analisis numerik umum. Mata kuliah formal dalam persamaan diferensial biasa dan persial akan berguna tetapi bukan hal yang esensial, mata kuliah ini menjadikan mahasiswa terbuka terhadap persamaan dalam aplikasi numerik atau mata kuliah analisis numerik.
Buku ini terdiri dari 5 chapter yaitu :
Pada Chapter 0 dari buku ini akan dibahas mengenai penyelesaian langsung dari sistem linier dengan penekanan pada fitur khusus sistem linier yang akan muncul ketika menyelesaikan persamaan diferensial, 4 chapter berikutnya mengenalkan dan menganalisis semakin dalam mengenai metode beda hingga untuk menyelesaikan variasi masalah termasuk persamaan diferensial biasa dan persamaan diferensial parsial, dan masalah nilai awal dengan nilai batas.
Teknik-teknik yang dipelajari dalam 4 Chapter ini sangat mudah untuk diimplementasikan, dan setelah menyelesaikan chapter 4 pelajar dapat menyelesaikan persamaan diferensial dalam range yang luas. Metode beda hingga yang digunakan untuk memecahkan persamaan diferensial dalam Chapter 2-4 kebanyakan terdiri dari formula klasik orde rendah, mudah diprogram tetapi tidak cocok untuk masalah dengan solusi yang kurang baik atau khusus untuk masalah pada daerah multidimensi yang tidak teratur.
Setelah menyelesaikan Chapter ini pelajar hendaknya memiliki pengetahuan tentang kegunaan metode elemen hingga dan harus dapat menggunakannya untuk memecahkan banyak masalah yang sederhana.
Appendix A menjelaskan program elemen hingga dari Persamaan Diferensial Parsial 2 Dimensi (PDP2D) yang ditulis oleh penulis, yang mana menyelesaikan masalah Persamaan diferensial parsial yang jauh lebih sulit, termasuk di dalamnya mengenai nonlinier time-dependent dan sistem steady-state, sistem eigenvalue linier, dalam interval satu dimensi, daerah dua dimensi, daerah multidimensi dengan range yang luas.
Di bawah ini terdapat link untuk mendownload e-book “The Numerical Solution of Ordinary and Partial Differential Equations” :